10 May 2022

Heat Exchanger

HEAT EXCHANGER

Pengertian Heat Exchanger
Heat exchanger adalah perangkat yang memfasilitasi pertukaran panas antara dua fluida yang berbeda temperatur dimana tetap dijaga kedua fludia tersebut untuk tidak bercampur.
Heat exchanger adalah sebuah peralatan yang di ciptakan untuk melakukan peunukaran panas (heat transfer) antara satu fluida dengan fluida lain nya (cair dan gas). Zat tersebut saling di pisah oleh benda / dinding padat sehingga ke dua zat tersebut tidak pernah tercampur satu sama lainya. Heat exchanger sangat banyak di gunakan dalam dunia industri untuk keperluan proses, seperti chemical plant, power plant, natural gas processing, dan laninya.

Berbagai Tipe Heat Exchanger
Berbeda penerapan heat exchanger yang dibutuhkan, berbeda pula tipe perangkat keras dan konfigurasi  pada peralatan perpindahan panas. Upaya untuk mencocokkan hardware perpindahan panas dengan persyaratan perpindahan panas dalam batasan yang ditentukan telah menghasilkan berbagai jenis desain heat exchanger yang inovatif.
1. Double Pipe Heat Exchanger
Jenis penukar panas paling sederhana terdiri dari dua pipa konsentris dengan diameter yang berbeda, seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini yang disebut penukar panas pipa ganda (double pipe heat exchanger). Satu fluida dalam double pipe heat exchanger tersebut mengalir melalui pipa yang lebih kecil sedangkan fluida lainnya mengalir melalui ruang annular di antara kedua pipa. Dua jenis pengaturan aliran dimungkinkan dalam penukar panas pipa ganda: dalam aliran paralel, baik cairan panas dan dingin memasuki penukar panas di ujung yang sama dan bergerak ke arah yang sama. Dalam aliran balik, di sisi lain, cairan panas dan dingin memasuki penukar panas di ujung yang berlawanan dan mengalir dalam arah yang berlawanan.

 

No comments: