21 May 2016

Ini Dia Bahaya Dari Kandungan Asap Knalpot Kendaraan Bermotor Kita



Mungkin tanpa kita sadari bahwa kita adalah penyebab dari polusi udara yang terjadi di sekitar kita. Dan juga tentu kita mungkin tidak menghiraukan ataupun bahkan tidak tau apa bahaya yang timbul dari asap knalpot kendaraan yang kita miliki tersebut.
Masih banyak yang belum tau kalau gas CO yg dihasilkan dari asap kendaraan bermotor dapat membuat orang yg menghirup sampai meninggal.
Mungkin sudah pernah diantara kalian yang menghirup asap kendaraan saat motor dipanasi. Bagaimana baunya ? Sangat menyengat bukan ? Nah, yang kalian hidup itu adalah gas CO (Karbon Monoksida). Ada artikel menarik tentang bahaya asap kendaraan bermotor : (sumber : membunuhIndonesia.com)
“Sebagai pencemaran udara, polusi dari emisi gas buang kendaraan ternyata sama bahayanya bahkan lebih berbahaya dari merokok. Dalam asap kendaraan bermotor terdapat sekitar 1.000 unsur beracun. Gas buang dari kendaraan bermotor ini tidak hanya memicu penyakit fisik tapi juga bisa memicu penyakit mental, yaitu sifat agresif dan gelisah.
Menurut pengamatan Pusat Penelitian Masalah Perkotaan dan Lingkungan (PPMPL) DKI, dari sekian banyak knalpot, berhamburan zat beracun berupa CO (karbon monoksida). Kadar CO yang terhirup akan memasuki tubuh melalui paru-paru dan akan bersenyawa dengan hemoglobin (Hb) membentuk COHb. Hemoglobin sendiri berfungsi sebagai pembawa oksigen ke sekujur tubuh.
Namun, kemampuan hemoglobin untuk mengikat CO adalah 200 hingga 300 kali lebih besar dibanding dengan kemampuannya mengikat oksigen. Akibatnya, oksigen di dalam darah berkurang sehingga membuat orang merasa pusing, pingsan bahkan bisa juga meninggal dunia. Semakin banyak CO yang terkandung dalam darah semakin besar ancamannya terhadap kesehatan.
Menurut World Bank, 70 persen sumber pencemar berasal dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Laporan dari World Bank pun menyebut bahwa kandungan timbal dari asap knalpot dapat menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan, meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan hipertensi. Kandungan timbal juga dapat menurunkan tingkat kecerdasan terutama pada anak-anak, menurunkan fertilitas, dan kualitas spermatozoa.
Bagi ibu hamil, timbal yang masuk ke dalam tubuh, baik yang melalui udara maupun makanan, akan mencemari otak anak sejak berada di dalam rahim. Timbal akan mengganggu pertumbuhan dan fungsi otak ketika janin dilahirkan, sehingga kecerdasannya pun terganggu. Penumpukan timbal yang terjadi itulah yang juga menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.
WHO memperkirakan bahwa setiap tahun polusi udara menyebabkan 800.000 kematian di seluruh dunia. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa kanker paru merupakan penyebab kematian tertinggi. Hampir 90% pengidap kanker paru tidak bisa diselamatkan, karena jika sudah akut, dengan mudah kanker akan menyebar ke jaringan tubuh sekelilingnya seperti hati, tulang belakang, dan otak melalui pembuluh darah. Kanker paru telah membunuh lebih dari sejuta orang setiap tahunnya, dan saat ini menjadi pembunuh utama.
Di Indonesia sendiri, kendaraan bermotor menyumbang sekitar 26 persen dari total emisi yang dihasilkan dan menyebabkan 60-90 persen dari seluruh polusi di negara-negara industri. Dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tinggi menyebabkan pencemaran udara di Indonesia menjadi sangat serius.
Oleh karenanya, kita semua yang sejatinya menginginkan hidup sehat, harus berlaku adil terhadap dua fenomena ini. Bahwa ada yang menganggap asap rokok itu berbahaya meski tanpa didasari kajian maupun teori yang kuat, tetap harus diberi kesempatan mengutarakan pendapatnya. Tapi akan lebih bijak bila sikap patriotik kita dalam menjaga kesehatan ini, dapat terbuka dan peduli bahwa ada bahaya yang jauh mengancam masyarakat Indonesia, yakni: asap kendaraan bermotor.”
Jadi, karena asap kendaraan bermotor mengandung CO (karbon monoksida) yang lebih cepat mengikat Hb (sel darah merah) dibandingkan dengan oksigen, sehingga ketika terhirup karbon CO akan lebih cepat masuk ke tubuh, dalam jumlah yang sedikit dapat mengakibatkan sesak napas, sedangkan dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan kematian.
Hal-hal yang perlu diingat, biasakan untuk menghidupkan kendaraan bermotor diluar rumah. Jika kamu menghidupkan motor di parkiran rumah yang memiliki ruang sempit dan jauh dari udara bebas maka gas CO akan banyak terhidup oleh orang disekitarmu. Jadi Tentunya kamu sekarang harus berfikir untuk memanasin kendaraan kamu di luar pagar agar kesehatan kamu dan orang-orang di sekitarmu tetap terjaga...

1 comment:

Anonymous said...

Amazing! Its genuinely amazing piece of writing, I have got much clear idea about from this post.