03 February 2009

Teori Dasar CDMA

CDMA merupakan teknologi multiple access yang membedakan satu pengguna dengan pengguna lainnya dengan kode – kode khusus dalam lebar pita frekuensi yang ditentukan. Sistem CDMA merupakan pengembangan dari 2 sistem multiple access sebelumnya, seiring dengan berkembangnya teknologi wireless 3 G yang segera akan diaplikasikan. CDMA memiliki konsep multiple access yang berbeda dengan TDMA dan FDMA karena sistem ini memanfaatkan kode – kode digital yang spesifik untuk membedakan satu pengguna dengan pengguna lainnya.
Sistem ini pertama kali mulai dikembangkan oleh Qualcomm sebagai teknologi wireless masa depan yang pertama kali mengeluarkan CDMA IS-95 sampai kemudian saat ini terus dikembangkan oleh Sprint Spectrum. Konsorsium Amerika yang juga ikut mengembangkan sistem ini adalah PCS Primeco yang mengembangkan sistem CDMA 2000
Aplikasi CDMA dalam sistem komunikasi wireless sebenarnya termasuk baru tetapi semenjak dikeluarkannya CDMA IS-95 dengan menggunakan kode unik kepada setiap penggunanya, telah terjadi pengembangan yang begitu pesat hingga saat ini telah memasuki generasi CDMA ketiga yang termasuk dalam IMT 2000 (International Mobile Telecommunication). Selain itu, adanya kebutuhan akan peningkatan kapasitas dan kualitas layanan telah menjadikan CDMA sebagai teknologi pilihan yang memiliki kapasitas soft limit dalam bandwidth 1,25 MHz.

Division Multiple Access (CDMA)

No comments: