04 May 2016

Ini lah Daftar Benda Termahal Di Dunia Yang Pernah Diciptakan

Proyek Termahal
 

Rencana proyek pembangkit energi bertenaga nuklir Hinkley di Somerset, Inggris.
Apa benda termahal di dunia? Benarkah itu adalah pusat energi nuklir Hinkley Point di Somerset, Inggris?
Kelompok pegiat Greenpeace menyatakan, "Hinkley akan menjadi benda termahal di dunia. Perkiraan nilainya bisa lebih dari Pound 24 miliar (sekitar Rp461 triliun)," kata mereka dalam petisi yang menolak proyek itu.
Angka ini didapat dari perkiraan pinjaman dan bunganya. Jika dihitung dari biaya konstruksinya, maka Hinkley diperkirakan memakan biaya Pound 18 miliar (Rp345 triliun).

Bangunan Termahal

Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai ongkosnya 'hanya' Pound 1miliar.
Jumlah ini cukup untuk membangun sebuah hutan kecil yang di dalamnya ada Burj Khalifa -bangunan tertinggi dunia di Dubai yang pembangunannya memakan biaya sekitar Pound 1 miliar (sekitar Rp19 triliun)
Bandingkan nilainya dengan pusat riset untuk menemukan rahasia alam semesta, Large Hadron Collider, di Swiss yang memakan biaya sekitar Pound 4 miliar (sekitar Rp77 triliun).

Jembatan termahal


Bagaimanapun Large Hadron Collider masih kalah dari jembatan termahal di dunia, yaitu Oakland Bay Bridge di San Francisco, yang dirancang untuk menghadapi gempa besar dan diharapkan bertahan hingga 1.500 tahun ke depan.
Oakland Bay Brige di San Francisco dirancang untuk tahan selama 1.500 tahun. Biaya jembatan ini sekitar Pound 4,5miliar (sekitar Rp86 triliun). Tapi mengapa proyek Hinkley di Inggris ini bisa demikian mahal?
"Pembangkit energi nuklir membutuhkan peralatan paling rumit yang pernah dibuat manusia," kata Steve Thomas, profesor kebijakan energi di Universitas Greenwich. "Biaya pembangkit energi nuklir terus naik seiring terjadinya bencana dan kita merancang langkah untuk mengurangi risiko kecelakaan." Sebagai perbandingan, pembangkit energi nuklir Inggris Sizewell B, yang selesai dibangun tahun 1995, biayanya 'hanya' Pound 2,3miliar (Rp 44triliun).

Bangunan bersejarah


Piramid Giza di Mesir saat dibangun menggunakan bahan baku gratis.
Bagaimana dengan bangunan bersejarah? Bisakah bangunan seperti Piramid Giza di Mesir menandingi biaya proyek Hinkley? Agak sulit menghitung biaya pembangunan 4.500 tahun yang lalu. Namun pada tahun 2012, perusahaan kontraktor Turner Construction Company memperkirakan mereka bisa membangun piramid saat ini dengan biaya antara Pound 750 juta hingga Pound 900 juta (Rp14-17 triliun). Biaya tersebut mencakup Pound 500 juta untuk bahan baku dan Pound 40 juta untuk 12 derek. Menurut perkiraan diperlukan sekitar 600 orang, padahal pada saat dibangun diperkirakan dikerahkan 20.000 orang untuk pembangunan piramid tersebut.


 Proyek Tembok Besar Cina lebih besar daripada piramid.
Bagaimana dengan Tembok Besar Cina?Proyek ini lebih besar daripada piramid, dengan panjang 9.000 km. Namun sesungguhnya tembok ini terdiri dari beberapa tembok yang lebih kecil dan kemudian digabungkan untuk menjadi satu tembok yang menyambung.Jadi sulit untuk menganggap tembok Cina sebagai satu "benda tunggal".

Ka'bah di Mekah


Kembali ke jaman modern, dua proyek besar di Inggris masih saja tetap kalah dibandingkan dengan Hinkley. Renovasi Masjidil Haram dan segala fasilitas haji termasuk salah satu yang termahal di dunia saat ini. Mereka adalah pembangunan bandara Heathrow Terminal 2 di London (Pound 2,3 miliar atau Rp 44triliun) dan jalur kereta api London Crossrail (Pound 14,8 miliar atau Rp284 triliun). Namun ada sebuah proyek yang sedang dikerjakan saat ini yang sepintas mendekati mahalnya Hinkley. Keluarga kerajaan Arab Saudi kini sedang merenovasi Masjidil Haram di Mekah, dengan biaya dilaporkan mencapai Pound 16 miliar (Rp307 triliun). Namun pembangunan mencakup pembangunan jalan raya dan jalur kereta api serta fasilitas lain sehingga juga sulit untuk dianggap sebagai 'benda tunggal'. Pesaing ada di Hong Kong, yaitu Hong Kong International Airport yang dibangun di atas pulau buatan. Biayanya pada tahun 1998 senilai Pound 13,7 miliar (Rp263 triliun), atau dengan nilai saat ini sekitar Pound 20,1 miliar (Rp386 triliun).

Benda Di Luar Bumi


Belum ada yang mengalahkan biaya pembuatan International Space Station.
Namun jika Hinkley benar akan dibangun, ia tak akan lama menjadi pembangkit energi bertenaga nuklir termahal. Steve Thomas menjelaskan, "Kita hanya membangun dua reaktor. Turki akan membangun empat reaktor, dan Afrika Selatan sedang melakukan tender untuk pembangunan enam reaktor." "Harga enam reaktor akan tiga kali lipat harga Hinkley," kata Thomas. Namun sekalipun demikian, harga dari semua benda-benda yang disebut di atas masih kalah dengan benda termahal berada di luar bumi. Stasiun angkasa luar International Space Station dibuat dengan biaya Pound 77,6 miliar atau sekitar Rp1.491 triliun. Inilah yang termahal.

sumber : detik.com
 

2 comments:

seo 6dewa said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

mantap, man.....