05 May 2016

Inilah Browser Terbaik Dalam Market Share Dunia


Nama Internet Explorer tak lagi menjadi alat peramban atau browser nomor satu di dunia, posisi ini setidaknya sudah berganti dan menjadi milik Google Chrome.

Berdasarkan data yang dirilis oleh sebuah perusahaan analis, NetMarketShare, Google Chrome berhasil merebut pangsa pasar browser Microsoft Internet Explorer sebagai browser desktop nomor satu.

NetMarketShare mencatat, hingga bulan April 2016, Chrome mendapatkan pangsa pasar 41,67 persen, unggul tipis dari Internet Explorer dengan porsi 41,37 persen. Sementara posisi ketiga, ditempati oleh Firefox dengan 9,76 persen, diikuti oleh Safari 4,91 persen, dan Opera 1,89 persen.
Sementara sebuah perusahaan analisis trafik web, StatCounter justru mencatat bahwa Chrome sudah mengalahkan Internet Explorer sejak empat tahun terakhir.

Perbedaan hasil antar lembaga riset mungkin saja terjadi karena masing-masing lembaga riset punya metodologi yang berbeda saat dalam mengumpulkan data. Untuk menentukkan pangsa pasar browser, NetMarketShare sendiri menghitung banyaknya unique user, bukan jumlah page view.

Kendati demikian, masih ada kemungkinan pangsa pasar Chrome akan berkurang seiring dihentikannya dukungan atas browser tersebut beberapa minggu lalu pada sistem operasi Windows Vista atau di bawahnya dan OS X Mountain Lion atau di bawahnya.

Hal ini memungkinkan para pengguna sistem operasi tersebut akan mengganti Chrome sebagai browser utamanya karena sudah tidak lagi menerima update terbaru dari Google.

Di sisi lain, Microsoft juga menyiapkan browser terbarunya, Microsoft Edge untuk merebut kembali pangsa pasar browsernya. Browser bawaan pada sistem operasi Windows 10 tersebut kemungkinan penggunanya akan bertambah seiring meningkatnya pangsa pasar Windows 10.

Microsoft sendiri menargetkan sistem operasi yang diluncurkan pada Juli 2015 lalu itu bisa mencapai 1 miliar pengguna sampai akhir 2016 secara global.

Jumlah pengguna Windows 10 sendiri pada Maret 2015 telah mencapai angka 270 juta. Microsoft pun mengatakan para pengguna telah menghabiskan lebih dari 75 miliar jam untuk memakai Windows 10.

Sejauh ini, menurut Microsoft, sudah ada lebih dari 500 perangkat baru yang dirancang secara spesifik untuk sistem operasi tersebut
Sumber : cnnindonesia.com 

No comments: