06 May 2016

Ini Penyebab Ada Kotoran Di Sudut Mata Setiap Kita Bangun Tidur


Tahi mata, demikian orang-orang menyebutnya. Kotoran yang ada di sudut mata ini hampir selalu muncul setiap bangun tidur, dan menjadi salah satu penanda apakah seseorang sudah mandi atau belum.

Sebenarnya, tahi mata itu apa sih? Dokter mata dari Moran Eye Center di Salt Lake City, dr Jeff Pettey menyebut ada banyak nama dalam bahasa Inggris untuk menyebut kotoran tersebut, mulai dari sleep crust, mattering, dan eye boogers.

"Istilah medisnya 'rheum' tapi istilah tersebut jarang digunakan," sebut Dr Jeff seperti dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (6/5/2016).

Menurut dr Jeff, tahi mata terbentuk oleh campuran mukus atau lendir, sel-sel kulit yang terkelupas, minyak, dan juga air mata, yang semuanya diproduksi selama tidur. Tahi mata, menurutnya normal ditemukan pada mata yang sehat.

Pada siang hari, kotoran-kotoran tersebut tersapu oleh kedipan dan air mata. Saat tidur di malam hari, kotoran-kotoran tersebut menumpuk, dan gravitasi mengumpulkannya di area sudut mata. Itu sebabnya, orang-orang sering bangun tidur dengan banyak kotoran di sudut matanya.

Walaupun secara umum dianggap normal, tahi mata juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan. Saran dr Jeff, sebaiknya konsultasikan ke dokter jika menjumpai ada yang tidak wajar dengan tahi mata.

"Jika warnanya menjadi kuning atau hijau, itu bisa menjadi tanda conjunctivis bakterial. Jika ini terjadi, Anda harus menghubungi spesialis mata," kata dr Jeff.

sumber : detik.com
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

0 komentar: