22 September 2008

Sekilas tentang wireless CDMA

Perkembangan teknologi wireless saat ini berkembang sangat cepat seiring dengan kebutuhan informasi yang tinggi pula. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: kemampuan komunikasi dengan bergerak, keandalan sistem semakin meningkat, kerahasian informasi terjamin, biaya pembangunan relatif lebih murah dari pada wireline, dan ketersediaan pelayanan tinggi; tidak terbatas waktu dan tempat sehingga konsumen dapat berkomunikasi kapan dan di mana pun berada.
Sejalan dengan berkembangnya teknologi wireless tersebut, saat ini teknologi seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access) telah mulai memasuki pangsa pasar di Indonesia. Untuk itu beberapa operator seluler CDMA telah banyak melakukan inovasi agar dapat meningkatkkan layanan yang diberikannya.
Permasalahan unjuk kerja jaringan yang paling sering dialami oleh operator-operator seluler CDMA. Oleh sebab itu, perencanaan sistem dari sisi radio sangat berperan dalam hal tersebut, selain dari faktor demand yang merupakan penetapan dari ukuran jaringan (network dimensioning). Perencanaan jaringan radio mencakup perhitungan link budget, perhitungan kapasitas, dan perhitungan jumlah sel yang diperlukan, sedangkan network dimensioning mencakup perhitungan jumlah elemen kanal pada BTS, kapasitas BSC, MSC dan elemen-elemen yang lain.
Pada perhitungan link budget mengambil peranan penting agar hasil rancangan dapat mencapai hasil yang optimum dan efisien baik dari segi kehandalan teknis maupun biayanya. Karena dalam perhitungan link budget dapat mengetahui level daya terima (receive signal level) yang diterima oleh penerima, hal ini akan menentukan availability dari sistem yang kita rancang dan besarnya harus sesuai dengan tolak ukur yang telah direkomendasikan. Sebuah area masih dalam cakupan BTS jika sinyal yang diterima oleh MS besar, sekitar 95% dari area tersebut. Ini adalah lebih tinggi daripada jumlah yang diperlukan, sekitar -90 dBm (1 pW).
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

1 komentar:

santisafari said...

ck..ck..

Beda yg lihai...


oooo gitu ya, sayang... :-)